Metode cara tafakur kandungan bumi

Tentang kandungan bumi.

Termasuk tanda-tanda kebesaran Allah yang lain ialah adanya beraneka ragam logam mulia didalam gunung dan berbagai tambang dalam perut bumi.


Bumi itu terdiri dari bagian-bagian yang berdekatan,tetapi satu sama lain serupa,Oleh karena itu perhatikanlah pada gunung,bagaimana logam mulia,seperti Emas,perak,batu permata bisa dikeluarkan,sebagian daripadanya ada yang bisa dicetak atau bisa ditempa dengan palu,seperti emas.perak,tembaga.timah,dan besi,ada juga yang pengelolaannya tidak demikian,yaitu firus.batu permata dan sebangsanya.


Pikirkan pula bagaimana Allah memberi hidayah kepada manusia,sehingga mereka dapat mengambil dan membersihakan benda-benda tersebut,kemudian diolah menjadi berbagai macam bejana,mata uang,perhiasan dan lain-lainnya.



Setelah itu perhatikan lagi tambang dalam bumi,yang telah menghasilkan minyak bilerang,residu dan sebagainya.

Beraneka ragam dari isi bumi itu yang termurah adalah garam,padahal ia sangat dibutuhkan manusia,seperti untuk penyedap rasa makanan.
Tetapi kalau suatu negara tidak memiliki garam sama sekali.pastilah warga negaranya akan mengalami kesukaran.

Pikirkanlah pula bagaimana Allah menjadikan sebagian dari bumi ini hanya terdiri dari tanah dan garam,berasal dari air hujan yang jernih,tertampung yang akhirnya menjadi garam,yang sangat Asin.

Pendeknya setiap mahluk,yang terdiri dari materi,hewan,dan tumbuhan,pasti ada hikmahnya,tidak ada satu jenispun yang diciptakan oleh Allah dengan sia-sia dan main-main belaka,semua itu dicipakan dengan sebenarnya dengan metode sebaik-baiknya,karena demikian itulah maka Allah Ta'ala berfirman:
"Kami menciptakan langit dan bumi serta apa yangada di antara keduanya bukanlah dengan main-main.Dan keduanya tidak kami ciptakan melainkan dengan Haq(kebenaran)
(Ad-dukhaan:38-39)