Metode cara tafakkur tentang bumi

Tentang bumi

Apa bila kita telah mengetahui jalan fikiran diri kita sendiri,maka hendaknya kita tingkatkan bertafakkur masalah bumi,tempat kita berpijak,yang termasuk bahan pemikiran darinya,ialah berbagai sungai,laut.dan tambang.

Kalau yang demikian itu sudah selesai.hendaknya tingkatkan pada berbagai kerajaan langit.


Sebagian dari bukti-bukti kebesaran Allah yang dapat kita lihat di bumi ini.ialah dijadikannya bumi itu hamparan dan terbentang luas,sebagai tempat tinggal kita.

Di lereng-lereng gunung itu telah dijadikannya berbagai jalur agar kita dapat naik ke puncak dengan tenang dan tiada bergoncang.

Di jadikannya beberapa gunung itu seakan-akan pasak supaya tidak bergoncang.

Di jadikannya bumi itu terbentang luas,sehingga manusia tidak dapat mendatangi semua tempat-tempat itu,walaupun dia berusia panjang dan sering menjelajah(mengelilinginya)

Allah Ta'ala berfirman:
"Dan langit itu kami bangun dengan kekuasaan (kami)dan sesungguhnya kami benar-benar berkuasa.Dan bumi itu kami hamparkan dan alangkah baiknya kami menghamparkan"
(Adz-Dzariiyat:47-48)

"Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu,maka berjalanlah di segala penjuru(Al-Mulk:15)

"Dia yang menciptakan bumi untuk menjadi hamparan bagimu.
(Al-baqarah:22)


Di samping ayat-ayat tersebut Allah masih menyingkap tentang bumi,agar kita banyak bertafakkur pada keajaiban-keajaibannya,permukaannya merupakan tempat tidur bagi orang-orang yang sudah mati,Sebagaimana disebutkan oleh Allah:
"Bukankah bumi itu kami jadikan tempat berkumpul untuk orang-orang hidup dan orang-orang yang sudah mati"
(Ar-musalaat:25-26)


Dengan demikian,maka lihatlah bumi yang sedang kering dan tandus,bilamana turun hujan ia hidup kembali dengan tumbuh-tumbuhan yang menghijau dan serba aneh,lalu berkeliaran berbagai macam-macam binatang dan serangga.

Perhatikan pula bagaimana Allah mengokokohkannya dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi,dan dibawahnya mengalir air yang akhirnya menjadi sungai dan juga mengaliri bumi kita ini.


Dia mengeluarkan dari batu yang kering dan tanah yang kotor air yang halus,tawar dan bersih,nyaman rasanya.Dengan demikian tumbuhlah berbagai macam tumbuh-tumbuhan,biji-bijian,buah-buahan,seperti:Padi,gandum,anggur,zaitun,kurma dan delima yang kesemuanya bermacam-macam warna,bentuk,rupa,rasa,kasiat buahnya.yang sebagian lebih bagus dibanding yang lainnya,yang ini lebih lezat dari yang itu,padahal semua itu disiram dengan air yang sama dan tumbuh diatas bumi yang sama pula.


Andaikan kita berpendapat maklum semua itu berbeda biji,bibit dan jenisnya,maka tanyakanlah pada diri kita,kapan pohon kurma itu mulai ada?apa sejak dulu kala memang sudah ada pohon itu dalam bijinya.


Perhatikan pula tanah dipadang yang tandus,Amatilah luar dan dalamnya,semua tiada akan berbeda,hanyalah terdiri dari tanah debu belaka.
Tetapi kenapa kalau sudah turun hujan nampak hidup,mengeluarkan beraneka jenis yang indah-indah,tumbuhan yang warna-warni,ada yang serupa dan ada pula yang berbeda.Masing-masing memghasilakan rasa yang berbeda dan bentuk yang tidak sama.

Perhatikan pula segala perbedaannya,kemudian sifat dan fungsinya.Dan bagamana pula Allah menjadikan sebagian untuk makanan dan juga dan sebagian yang lain untuk menyehatkan badan dan sebagiannya juga mematikan.
Ada yang menimbulkan dingin ada pula yang menimbulkan hangat.

Disamping ada penyebab pusing dan penyembuhannya,juga ada yang memabukkan dan penawarnya.
Ada yang menghilangkan lendir empedu hitam di samping ada sebaliknya.Terdapat pula yang fungsinya membersihkan dan menambah darah,yang menimbulkan rasa senang.yang dipakai obat tidur dan sebagainya.


Wal hasil tidak ada tumbuh dedaunan atau pohon-pohon yang tiada berarti bagi mahluk hidup lainnya.Dan tidak mampulah manusia untuk menguraikan semua itu.Tiap sesuatu yang tumbuh memerlukan tehnis yang berbeda bagi patani,pohon kurma perlu dikawinkan terlebih dahulu,anggur perlu disapu,ladang harus dibersihkan dari tumbuh-tumbuhan lain(hama) agar tidak mengganggu.


Cara menanamnyapun berbeda-beda,ada yang ditaburkan,dimasukkan kedalam lubang.ditancapkan,dicangkok,diokulasi,dan lain-lain.

Kalaulah kita menguraikan dari segala jenis,fungsi,keajaiban,dari berbagai pohon dan tumbuh-tumbuhan itu satu persatu,akan banyaklah waktu yang kita habiskan.

Cukuplah uraian singkat ini untuk dijadikan tamsil dalam memikirkan yang lain.