Metode cara tafakur tentang udara

Tentang udara

Di antara tanda-tanda kebesaran Allah yaitu adanya udara diantara langit dan bumi,yang tidak dapat diraba dan dilihat.dia bagaikan lautan tempat burung-burung berterbangan kesana kemari,seperti berlomba-lomba berenang menggunakan sayapnya.

Hembusan angin itu sama dengan gelombang air dilaut,ada yang menghembus dengan sederhana sehingga bermanfaat bagi tumbuh-tumbuhan di bumi ada juga yang keras dan merupakan siksaan manusia berdosa.
Seperti yang pernah diceritakan di dalam Al-quran mengenai hal itu pada masa lalu.

Perhatikan tenaga udara yang halus itu,betapa hebatnya,tampak jelas dalam tempat air yang terbuat dari kulit binatang(qirbah)yang hanya berisi udara,lalu menusia merasa jengkel untuk memasukkan ke dalam air,padahal besi yang kuat bila dimasukan ke dalam air akan segera tenggelam.perhatikan pula tenaga udara yang enggan masuk ke dalam air,padahal dia sangat halus,dengan hikmahnya pula bahtera dapat bertahan dan berlayar di atas permukaan air.


Setiap bejana yang berisi udara(berat jenisnya lebih berat daripada bejana)selalu menolak untuk dimasukan ke dalam air,seperti orang yang akan jatuh ke dalam sumur sedangkan dia berpegang teguh pada ujung baju orang yang kuat di atasnya.Kapal itupun dengan ruangnya seolah-olag berpegang teguh pada ujung udara sehingga tidak dapat jatuh kedasar laut.


Maha suci Allah yang telah menggantung kapal/bahtera (dengan berat jenis yang berat itu)pada udara yang sangat lembut tanpa bantuan apapun,menurut pandangan mata.


Sekarang perhatikan juga akan keajaiban yang lain dari udara:termasuk awan,halilintar,kilat,hujan,salju,dan berbagai macam batu meteor.
Semua itu merupakan keajaiban yang terletak antara langit dan bumi.

Al-quranpun sudah mengisyaratkan tentang hal semacam itu:
"Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi serta apa yang ada di antara Keduanya dengan bermain-main(Ad-Dukaan:38)
Ayat itu sekedar menunjukkan antara keduanya dan keduanya (lebih dari itu)Dia pun menunjukkan perincian dalam berbagai ayat.
....Dan apa yang telah Allah turunkan dari langit berupa air,lalu sebab hiduplah bumi sesudah mati(kering)nya,dan Dia menyebarkan segala jenis hewan,dan pengisaran Angin dan awan yang dikendalikan antara Langit dan Bumi(Al-baqarah:164)