Pedoman dasar pergi ke korea


Tiba di korea setelah turun dari pesawat di bandara Incheon,Anda akan langsung memasuki bagian imigrasi,siapkan surat-surat yang di perlukan,seperti paspor,dan surat undangan atau rekomendasi untuk masuk ke korea.


Perhatikan jalur antrian,yaitu jalur untuk orang asing dan jalur kusus untuk warga negara korea.
Saat mengantri,jangan berdiri melewati garis kuning dan tidak diperbolehkan memotong baris antrian.


Pemeriksaan migrasi dan bea cukai di Incheon cukup ketat,tidak diperbolehkan membawa buah-buahan atau makanan,karena akan mendapat kesulitan di bagian bea cukai.

Sebagian besar negara-negara di dunia tidak mengizinkan buah-buhanan atau makanan masuk ke negara mereka,tanpa ada sertifkat resmi dari bagian karantina bandara asal.


Di kantor Bea Cukai setelah melalui bagian imigrasi,anda akan mengambil koper (bagasi)di bawah bandara.setelah itu,anda akan memasuki bagian bea cukai.jangan lupa menyerahkan pernyataan kepabeanan yang telah anda isi di pesawat kepada petugas bea cukai di bandara.


#Menukar uang
Jika membawa mata uang dolar Amerika ,anda dapat menukarnya ke mata uang korea(won)di tempat penukaran uang yang terletak di bandara.
Selain menyiapkan mata uang yang akan di tukar.anda juga perlu mempersiapkan paspor sebagai identitas penukaran.
Periksa kembali uang yang anda terima sebelum meninggalkan loket penukaran uang.

Jika anda bingung mau bertanya-tanya dengan bahasa inggris carilah tempat informasi pariwisata yang di sediakan oleh Korea Tourism Organization[KTO]


Karena Tempat informasi bandara korea biasanya menggunakan bahasa korea.

Mereka sangat mencintai bahasa mereka sendiri.
#Sedikit sejarahnya bahasa korea.
Hangeul(baca:han-geul)merupakan sebuah simbol yang di rancang oleh Raja Sejong(1397-1450) dari Dinasti joseon sebagai abjad bahasa korea.

Saat pertama kali Raja Sejong menyusun Han-heil(1443 M)abjad ini terdiri dari atas 28 karakter,yaitu 17 konsonan dan 11 vokal.Huruf vokalnya dibuat berdasarkan filosofi"Tiga komponen dasar kehidupan"yaitu Surga,Bumi dan Manusia.

Namun saat ini huruf yang lazim di gunakan terdiri dari 40 karakter,yaitu 10 vokal tunggal,11 vokal gabungan,14 konsonan tunggal,dan 5 konsonan ganda.


¤Konsonan Akhir(Batchin)
Batchin disebut juga konsonan akhir,yaitu beberapa huruf konsonan jika berada di akhir suku kata memiliki bunyi yang berbeda,dibandingkan ketika berada di awal suku kata.


¤konsonan akhir gabungan
Konsoman akhir gabungan terdiri atas dua jenis,yaitu konsonan depan,dan konsonan belakang yang di ucapkan.



Mengenai Angka.
Dalam bahasa korea terdapat dua sistem penulisan angka(bilangan)yaitu korea asli dan sino korea(diambil dari sistim angka cina)bilangan asli korea hanya sampai angka 99,jika lebih dari 99 menggunakan bilangan sino korea.




#interaksi.
Orang-orang korea biasa memberi salam saat perkenalan,sebelum makan,sesudah makan,ketika berpamitan,ketika tidur dll.
Dengan cara menganggukan kepala dan sedikit membungkukkan badan.kepala ditundukan sekitar 30 sampai 60 derajat selama 2 hingga 3 detik.

Semua itu dilakukan ketika menyampaikan salam hormat kepada orang yang lebih tua atau dituakan.

Semakin dalam kita menundukan kepala,berarti salam yang kita sampaikan semakin hormat.

Ungkapan maaf juga biasanya disertai dengan gerakan menundukan kepala.


Dalam kehidupan sehari-hari,berjabat tangan juga lazim dilakukan.Biasanya orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi akan mengajak berjabat tangan terlebih dahulu.berjabat tangan juga biasanya lebih banyak dipakai oleh pria sebagai ungkapan salam.


Ketika pertama kali berkenalan,biasanya memberikan salam dilanjutkan dengan memperkenalkan diri.tidak di anjurkan untuk menanyakan umur ketika pertama kali bertemu,karena akan di anggap kurang sopan.


Biasakan untuk memberikan tambahan panggilan (ssi) yang artinya saudara/saudari agar terdengar lebih sopan,demikian juga kepada orang yang lebih tua.Anda dapat menggunakan panggilan(seonsaengnim)artinya guru.


#Tradisi
Di korea suka di adakan selamatan rumah baru,baik oleh orang yang baru pindah atau bagi pasangan baru menikah yang di namakan(jibdeuri).

Mereka bakal mengundang teman-teman dekat,saudara,dan sejumlah tetangga ke rumah baru tersebut untuk merayakannya atau hanga sekedar pesta biasa.

Para tamu biasanya membawa tisu toilet,sabun deterjen dan korek api.
Adapun alasan mereka membawa barang tersebut:
°Tisu toilet melambangkan bahwa segala sesuatu akan berjalan mulus seperti tisu toilet yang larut dalam air.
°Sabun deterjen melambangkan harapan agar tuan rumah dilimpai uang sebanyak busa tersebut.
°Korek api melambangkan harapan agar tuan rumah cepat kaya seperti cepatnya api menyala.


Ucapan terimakasih dalam bahasa korea terdiri dari dua macam,yaitu ucapan terima kasih karena sudah di beri bantuan,atau di beri barang,dan ucapan terima kasih atas pekerjaan,kerjasama,dan pelayan yang baik.


Contoh:jika anda membawa barang yang berat kemudian ada yang menawarkan pertolongan Ucapkanlah(Gamsahamnida)namun jika membeli tiket di stasiun bawah tanah anda dapat mengucapkan(Sugohaesseoyo)kepada petugas stasiun karena telah dilayani dengan baik atau telah melakukan tugas dengan baik.


Orang korea akan berkata jujur dan terbuka dalam mengungkapkan perasaan.Ketika dia merasa "tidak suka"ia akan terus terang mengatakan "tidak suka",berbeda dengan kebiasaan orang indonesia yang cenderung tidak terbuka.




Lain kali di tambah di artikel berikutnya.

Moga bermanfaat.



Baca juga:
11 minute froming a personality stable