Cara Sekejap Atasi Tanda Seru (!) Pada URL Blog

Assalamualaikum kawan-kawan pembaca!. Selalu dan harus bagi kami mengucapkan "salam" di awal paragraf blog Tempat Berbagi Ilmu. Sebab, keberlangsungan sebagai penulis dan pembaca masuk dalam hikmah dahsyatnya manfaat salam yang kita tebar (salam adalah doa).


Kalau boleh menerka, tentunya kawan pembaca sedang mencari jawaban "kenapa alamat url blog ada tanda !", apakah blog sedang diisengin orang, berbahaya dan apa dampaknya?
             
Berjuta pertanyaan tersebut dulu pernah saya alami, namun sekarang sudah lega, ternyata tidak sulit, hanya butuh cara sekejap atasi tanda seru (!) pada url blog. Bagaimana caranya, silahkan kawan pembaca baca, simak dan pahami semua uraian di bawah dari awal sampai akhir.


Terlebih kita pahami dulu apakah maksud dari SSL?. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer yang menjamin keamanan pengguna situs web / pengunjung . Kami biasanya melakukan transaksi online, mengisi informasi pribadi kami dalam bentuk yang diinginkan sehingga kami bisa mengirimkan informasi kami ke server web. Jadi kami memerlukan koneksi yang aman untuk melindungi data kami dan ini soal sertifikat SSL. Dengan sertifikat SSL, HTTPS menetapkan koneksi terenkripsi antara server web dan pengguna sehingga orang ketiga tidak dapat mengakses informasi tertentu.


Lalu, apa ada hubungannya SSL dengan tanda seru (!) pada url blog, sangat berhubungan, coba perhatikan gambar di bawah.


Jika kita klik tanda seru (!) tersebut, pasti akan muncul jendela dengan peringatan: Sambungan  Anda ke situs ini tidak aman
Jangan masukkan informasi sensitif apa pun di situs ini (misalnya, sandi atau kartu kredit), karena penyerang dapat mencuri.


Apakah tanda seru (!) pada url blog sengaja diisengin orang, tidak. Tanda seru (!) url blog muncul disebabkan karena setting/setelan pada blog, apakah itu bahaya? tentu bahaya, sebab situs blog menjadi tidak aman, rawan disusupi pihak tidak bertanggung jawab. Apakah ada dampaknya?, dampaknya mengacu pada pengunjung blog menjadi berkurang, karena merasa takut mengunjungi situs yang tidak aman.


Sebagian besar situs yang memiliki Sertifikat SSL HTTPS sangat membantu dalam mengidentifikasi koneksi yang aman. Setiap situs yang tidak memiliki koneksi SSL, HTTPS yang aman, dan sertifikatnya tidak diverifikasi atau tidak cocok maka browser akan menampilkan pesan peringatan bahwa situs tidak terlindungi atau tidak aman. Bagaimana cara mengatasinya?


Langkah-langkah:
1. Masuk/login ke blogspot Anda.
2. Cari Setelan-dasar.


3. Silahkan ganti "ya" pada pengalihan https.


4. Tunggu beberapa saat sampai perubahan selesai dibuat.
5. Cek blog, liat respon. Url sudah tidak ada tanda seru (!), berganti dengan tanda gembok berwarna hijau.


6. Alhamdulillah, blog anda sudah sepenuhnya aman.


Anda juga bisa cek blog milik saya ini, ketik saja http://uwaisaltara.blogspot.com, pasti otomatis akan dialihkan ke https://uwaisaltara.blogspot.com
Sangat mudah bukan?, dalam sekejap blog Anda aman dari tanda seru (!).


Mungkin sebagian blog kawan pembaca ada kendala "tidak bisa mengaktifkan fitur https", apakah ada solusinya? InsyaAllah ada dan sangat mudah juga, silahkan kunjungi langkah-langkahnya di artikel "Cara Atasi Fitur https yang tidak Bisa Diaktifkan".


Comments

Post a Comment

Popular Posts