Pengunjung Blog Banyak, tapi Pendapatan Adsense Kecil? Cari Penyebabnya!


Assalamualaikum kawan-kawan pembaca.
Pertama-tama saya ucapkan syukur Alhamdulillah karena masih diberi kesempatan menulis. Dengan segala Rahmad Allah, nikmat sehat serta nikmat bisa berbagi, bersosialisasi dengan kawan-kawan semua. Semoga demikian juga kawan-kawan dalam naungan nikmat Allah. Aamiin.


Di sini saya bukan sebagai guru atau mengajari kawan-kawan, Saya hanya sekedar berbagi pengalaman yang saya alami sendiri.

Belum lama ini saya dibuat gusar dengan keadaan blog menyangkut periklanan adsense yang saya jalani. Sebagai blogger jarang saya absen memantau data statistik, belakangan saya merasa bingung "perasaan jumlah pengunjung banyak" tapi kenapa pendapatan adsense sangat kecil, bahkan cenderung menurun.


Tak mau keadaan seperti itu berlarut-larut, kemudian mencari banyak informasi/referensi kawan-kawan yang lebih berpengalaman dunia blogger. Ternyata persoalannya ada pada diri saya sendiri yang tidak hati-hati dalam mengelola blog.


Akun adsense saya terdapat Error Crawler, hal itu sangat berpengaruh pada pendapatan adsensen. Sebelumnya, mari kita pahami "kenapa Error Crawler" bisa terjadi?. Banyak faktor mengapa Error Crawler terlihat di akun adsense, diantaranya:
1. Bisa jadi ada konten kita sengaja atau tidak telah melakukan pelanggaran kebijakan adsense.
2. Bisa jadi ada beberapa URL yang rusak/error.
3. Bisa jadi ada konten/artikel yang dihapus.


Berangkat dari diantara 3 poin itu, adsense mengalami kendala saat melakukan perayapan. Seperti kutipan pada akun adsense di bawah ini. "Perayap kami tidak dapat mengakses halaman yang tercantum di kolom ’URL yang Dicekal’ untuk menentukan konten dan menampilkan iklan. Klik ikon ’tambah’ di samping setiap domain untuk melihat daftar yang diperluas dari URL yang terpengaruh. Bila perayap kami tidak dapat mengakses konten, kami tidak akan menampilkan iklan, yang mengakibatkan pendapatan dan cakupan lebih rendah."


Adanya kendala perayapan adsense, sudah barang tentu pendapatan blog akan menurun atau kecil, sebab perayapan tidak dapat mengakses konten, iklan pun tak mungkin ditampilkan. Namun begitu, perayap adsense berbeda dengan perayap Google.co.id dan tidak memengaruhi peringkat penelusuran Google. Makanya statistik pengunjung tetap masih banyak, yang bermasalah hanya perayapan adsense.


Alangkah miris nasib blog jika ada URL yang dicekal atau adsense tidak bisa merayapi konten. Lalu bagaimana cara mengatasinya?, maka dari itu saya sempatkan untuk berbagi di sini, agar kawan-kawan pembaca bisa meniru seperti yang saya lakukan.
Kita mulai dari cek dan ricek kondisi akun adsense, seperti biasa:
1. Login ke akun Adsense
2. Pilih Setelan > Status > Kesalahan Crawler
3. Untuk mengetahui url artikel mana saja yang di blokir silakan klik alamat url blog anda, seperti terlihat pada gambar di bawah bahwa blog saya dua url artikel yang dicekal.


Jika ternyata akun adsense kawan-kawan tidak ada data url yang dicekal, saya ucapkan selamat, artinya akun adsense dalam keadaan aman, sehat sentosa. Berarti problem "kenapa pengunjung blog banyak tapi pendapatan adsense kecil" jawabannya bukan di sini, mungkin ada persoalan lain yang saya sendiri juga belum mengerti.


Bagi akun adsense terdapat data url yang dicekal, silahkan ikuti tahap-tahap mengatasinya di bawah.
1. Silakan login Blogspot
2. Lalu masuk ke bagian Setelan > Preferensi penelusuran > edit kesalahan dan pengalihan.

Kemudian Monetisasi > ads,txt kustom > klik edit > Aktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya
3. Masukkan kode di bawah
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan: pub-0000000000000000 ganti dengan Nomor (ID) penayang akun adsense kawan-kawan.

Cara melihat ID Penayang: Masuk akun adsense--Setelan--Informasi Akun, copy dan paste ke setelan preferensi penelusuran blog (seperti cara di atas).

Kemudian kembali lagi ke akun adsense.
Login akun adsense.
Pilih Setelan--Status--Kesalahan Crawler



Selamat...Data kesalahan Crawler sudah bersih.


Pengalaman saya setelah mengikuti cara-cara ini sukses, walaupun awalnya spontan 2 url dicekal menjadi kosong, besoknya nongol lagi, tapi hanya satu url, tapi saya biarin saja. Dan sekarang data url Crawler sepenuhnya kosong.


Comments

Popular Posts