11 Menit membentuk kepribadian yang stabil

KEPRIBADIAN YANG STABIL......!!!

Apakah ada hal semacam itu? Dalam mencari jawabanya,marilah coba kita bandingkan dengan pertanyaan juga.
Cerpen adalah cerita pendek,lalu apakah yang dimaksud dengan cerita pendek yang bagus.....?? Jawabnya:cerita pendek yang bagus adalah cerita pendek yang bagus.


Kita tahu bila suatu saat kita bertemu seseorang pria/wanita mereka berkepribadian yang stabil. Orang seperti ini akan membawa pengaruh stabil pada diri kita. Tak ubahnya selepas membaca cerpen yang bagus. Kita dapat merasakan sendiri efek dari cerita itu.


Tapi,apakah hanya hal sekedar itu.....???
Apakah karakter yang stabil terlalu rumit dan sulit untuk dijelaskan,Sehingga kita hanya bisa menjawab sebatas: "Kepribadian yang stabil adalah Kepribadian yang stabil"


Jika seseorang pria atau wanita tidak stabil,Maka apa yang kita pakai untuk menyebutnya....?? Kita katakan bahwa ia"Tidak stabil" Ia gampang marah dan lepas kendali. Syarafnya dalam keadaan tegang,dan mungkin ia sedang berada di ambang'keambrukan mental'. Apakah orang-orang demikian bisa memperbaiki diri.....??? Tentu bisa.......!!!


Seperti judul Artikel ini, 11 Menit membentuk kepribadian yang stabil.
Karna penulis akan berikan 11 poin penting yang mungkin hanya 11 menit selesai di baca.



Mulai dengan yang pertama,untuk mencapai kestabilan:
1.Bebaskan perhatian anda dari diri anda.
Apa yang anda rasakan,apakah anda cukup tidur malam sebelumnya,bagaimana penampilan anda,apakah detak jantung anda normal,apa menu diet anda hari ini dll.....
JANGAN MEMBUAT DIRI ANDA TERLALU PENTNG.....!!!!!

INGAT......Anda hidup di dunia ini bersama-sama dengan jutaan manusia yang lain yang juga menentukan nasib sendiri. Di mana pada gilirannya nanti juga mempengaruhi anda.
Anda tidak bisa begitu saja mengabaikan dunia dan realitanya,karena apa yang terjadi di dalamnya juga sangat penting bagi keberadaan anda.


Mungkin malah anda dapat berperan serta di dalamnya. Seberapa kecilnya peran anda itu,hal ini dapat membawa pengaruh yang besar.
Pendek kata:
janganlah berfikir bahwa anda adalah bagian yang integral dari apa yang terjadi di sekitar anda.


Anda tidak boleh bersikap seakan-akan adalah orang luar yang sedang mampir ke dalam. Anda harus mengusahakan keadaan yang membawa anda merasakan bahwa anda adalah anggota dunia ini.




2)Dalam berhubungan dengan dunia di luar diri anda,Janganlah membayangkan yang bukan-bukan.
Jika anda terus bertanya pada diri sendiri bagaimana harus bersikap dalam situasi tertentu sebelum anda terlibat di dalamnya. Maka anda akan menjadi emosional dan gelisah. Sehingga nantinya anda malah tidak bisa mengerti dengan baik serta berlaku tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan. "KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN BAKAL MENCENGKRAM ANDA".

Seperti halnya bila anda ingin berenang di laut. Jika anda berspekulasi terlalu lama.
Seperti: apakah airnya terlalu dingin atau arusnya berbahaya atau tidak.
Maka kemungkinan besar anda akan menyingkir dari pantai tersebut dan hanya berjemur di pasir saja. Karena anda sudah membiarkan imajinasi menciptakan kekisruhan. Lebih baik mengambil kesempatan dan masuk ke dalamnya.



3)Kembangkan sikap percaya diri.
Jangan menerima pendapat orang lain begitu saja,sebelum anda membandingkan dengan pendapat anda sendiri.
Hindari godaan untuk memilih jalan yang paling tidak berisiko dan ikut-ikutan orang banyak. Berfikirlah sendiri...!!!!!!
Jangan Manut-Manut(jawa)

'Banyak individu yang seharusnya bisa stabil malah menjadi lemah dan mudah terbawa arus. Dengan demikian menjadi tidak stabil,karena ia tidak mempunyai keyakinan diri bahwa ia bisa saja benar,sedangkn orang lain salah.
Orang semacam ini merasa terkuasai,Mungkin juga rendah diri.
Dan kurang percaya diri ketika banyak orang menyalahkannya.'



4)Sikap yang tidak terlalu lembut dan sentimentil selalu menimbulkan kesan kestabilan dan keseimbangan.
Seperti halnya dengan semua yang baik,bila kadarnya "terlalu"maka akan menjadikan tidak baik lagi.
(Terlalu tua,terlalu muda,terlalu Matang dsb)



Hal ini bukan berarti kita melupakan kenyataan bahwa kita melupakan smua memiliki sifat-sifat buruk.
Tapi sebenarnya kalau sifat-sifat ini tidak terlalu mencolok kelihatan,mungkin kita malah di sukai orang karena hal-hal tersebut.
Apa yang harus anda lakukan adalah Melihat,Apakah sifat-sifat buruk anda bisa mencelakan orang lain,atau diri anda sendiri ataukah tidak.
Kalau sifat tersebut mencelakan orang lain atau diri anda sndiri,maka usakan untuk memperbaiki sampai anda mampu mengendalikannya bahkan menghilangkannya.



5)Buanglah jauh-jauh pola kekanak-kanakan anda.
Pada taraf seperti ini,tidak di ragukan lagi bagaimana sifat kekanak-kanakan orang dewasa.
Seberapa banyak dalam usia dewasa ini kita dipengaruhi oleh prilaku emosi dan reaksi yang muncul ketika kita masih kanak-kanak dulu.
Kebanyakan dari sifat pemalu dan takut.
Kita mempunyai Dasar kekanak-kanakan. Misal:Masih banyak di antara kita yang takut akan kegelapan.


Seorang berumur 40 tahun masih tergantung pada ibunya,sehingga jika sang ibu tidak setuju dengan apapun yang ia lakukan atau pikiran,maka ia akan merasa tidak enak dan cemas.
Seorang wanita berusia 30thn percaya,bahwa semua pria tidak baik,tidak bisa dipercaya.

Pendapat yang picik ini ia peroleh karena sang bibi yang mengasuhnya pengganti ibunya yang meninggal,mempunyai kehidupan perkawinan yang tidak bahagia.

Orang-orang seperti ini tidak mantap kepribadiannya. Mereka salah "indoktrinasi" salah minum jamu yang di cekok-kan pada dirinya begitu saja.
Tanpa bisa membantah,kalau itu tidak cocok bagi dirinya.



6)Fahamilah keadaan orang lain.
Kepribadian yang stabil selalu siap memberi peluang kepada orang lain untuk berkembang dan maju.
Hanya orang yang rendah diri dan mereka yang berjiwa kerdil saja yg merasa iri dan menimbulkan masalah.
Orang yang stabil dan kuat kepribadiannya cukup yakin akan diri mereka sendiri untuk sama-sama bersaing secara sehat dengan yang lain. Mereka juga tidak menjilat atau mempermalukan orang lain. Orang yang stabil sadar akan kekuatanya. Mereka hidup tanpa takut atau membeda-bedakan.
Mereka penuh Toleransi.



7)Benahilah kepribadian anda.
Penampilan kepribadian anda yang meyakinkan tidak hanya memberi efek positif pada orang lain. Namun juga mempengaruhi prilaku anda sendiri.

Amatilah Misalnya:
Apa yang anda rasakan ketika mengenakan baju-baju lama anda untuk jalan-jalan.
Bandingkan reaksi anda,ketika memakai Jas atau gaun malam anggun.

Berpakaian baik,penampilan baik sering kali mirip dengan Bersiul dalam kegelapan.
Keduanya memberi semangat Extra yang cukup untuk mengatasi ketegangan yang muncul.


Berjalan dalam kegelapan sambil bersiul-siul seakan-akan menambah keberanian anda untuk melawan pikiran tentang "Hantu' Begitu pula bila mengenakan pakaian modis,anggun,baik,Maka rasa percaya diri anda bertambah.

Sikap berdiri juga penting,jangan loyo dan lesu. Berdiri,berjalan dan duduk dengan posisi tegak. Seseorang selalu menghubungkan,"orang-orang yang gagal" mereka yang dengan penampilan pribadi yang loyo tak bersemangat.


8)Amatilah bagaimana orang lain berlaku.
Jadilah seorang pengamat yang baik bagi semua orang dan dalam hubungan mereka yang sangat beragam itu.
Pelajarilah orang-orang yang gagal.
Demikian juga dengan orang-orang yang sukses. Mereka-Mereka dengan kepribadian yang lemah dan pasif.
Dan Mereka-Mereka dengan kepribadian yang kuat dan aktif.


9)Jadilah kebiasaan anda menjadi cermin siapa diri anda sebenarnya.
Kebiasaan dapat terbentuk kapanpun saatnya,selama hidup anda.

Pandangan yang mengatakan bahwa kebiasaan kita benar-benar baru terbentuk pada usia 21 tahun adalah tidak benar.


Yang harus anda lakukan adalah mencari karakter,sifat-sifat positif anda yang disukai orang banyak. Dan kembangkalah itu.
Tidak berhenti di sini saja,tapi anda harus berlatih mempratekkannya.
Jangan mengira bahwa anda akan tahu bagaimana berprilaku yang terbaik.
Bila saatnya tiba....anda mungkin akan tahu,karena akan nampak jelas itu bukan sifat anda:hanya kebiasaan anda.
Kebiasaan(yang baik/buruk akan dibawa kemana-mana)


10)Jaga dan pupuklah kesehatan anda.
Kesehatan adalah harta yang paling berharga,janganlah bermain-main dengannya. Selanjutnya,banyaklah berolah raga di alam terbuka.
Cukup tidur,hindari makan dan minuman yang berlebihan. Tidak diragukan lagi bahwa anda akan tahu persis bagaimana meningkatkan kesehatan tanpa penjelasan rinci di artikel ini.

Jangan lupa untuk "chek-up" kesehatan badan dan gigi anda.
Minimal setahun sekali.
Penyakit sering sekali tersembunyi dan membahayakan dalam perkembangannya.Jangan hanya berfikir bahwa anda"tidak apa-apa"tapi yakinlah bahwa anda memang tidak apa-apa.



11)Selalu mau berubah.
Walaupun sifat-sifat yang baik dari kepribadian yang stabil adalah kepercayaan yang terletak pada keyakinan,Namun kerja mentalnya tidak akan selalu terpadu dengan serasi bila dirinya menolak perubahan.
Seorang yang stabil,karena itu kadang-kadang harus mawas diri,membuat sudut pandang terhadap dirinya seolah-olah ia berada di luar dirinya sendiri:berfikir secara terbuka dan mewaspadai melebihi yang lain bahwa prasangka,ketakhayulan dan keegoisan tidak dengan sendirinya menyusup ke dalam mekanisme intelektual-emosinya untuk mengacau smuanya.



Karena untuk menjadi orang yang stabil hari ini tidak berarti dan menjamin terus menjadi orang yang stabil 10Minggu atau 10 tahun dari sekarang. Segala aspek dari kejadian-kejadian dunia dan lingkungan di mana anda tinggal selalu berubah dari hari ke hari. Tapi hal ini berarti kemajuan.
Tanyalah pada diri sendiri,apakah anda berjalan seiring dengan kemajuan tersebut.seperti yang harus terjadi.

"Untuk menjadi orang yang stabil,anda harus tetap Stabil."



Hal ini memerlukan pengamatan yang terus menerus terhadap keadaan dalam diri anda sendiri dan juga lingkungan di luar anda. Tanpa bermaksud melupakan hubungan penting yang paling terkait di antara:
"Oooh.........Zaman,Oooh adat istiadat"


Dengan majunya zaman,maka adat istiadatpun ikut berubah.
"DAN UNTUK MENJADI ORANG YANG TETAP STABIL SEGALA ZAMAN.
MAKA ANDAPUN TIDAK BOLEH KETINGGALAN ZAMAN...........!!!!"

No comments